Latar Belakang

Laboratorium Alat dan Teknik Penangkapan merupakan laboratorium bagian dari dalam lingkup jurusan Pemanfaatan Sumberdaya Perikanan dan Kelautan (PSPK) Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan Universitas Brawijaya.

Laboratorium Alat dan Teknik Penangkapan mulai didirikan pada tahun 2006 berdasarkan SK, dengan nama sebelumnnya adalah laboratorium Pemetaan dan Perancangan Teknologi Kelautan (LPPTK). LPPTK merupakan wadah bagi dosen dengan kelompok keahlian eksplorasi sumberdaya perikanan dan kelautan dan teknologi kelautan. Hal ini merupakan salah satu kompetensi dasar keilmuan jurusan PSPK dan yang menjadi rujukan untuk pengembangan jurusan. Ada 3 kompetensi dasar pada lingkup jurusan PSPK, yaitu eksplorasi, eksploitasi dan konservasi sumberdaya perikanan dan kelautan. LPPTK merupakan pusat pengembangan kompetensi bidang eksplorasi sumberdaya perikanan dan kelautan serta teknologi kelautan.

Fungsi utama dari Laboratorium Alat dan Teknik Penangkapan adalah sebagai sarana untuk melakukan praktik atau penerapan atas teori, penelitian dan pengembangan keilmuan dilingkungan Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan, sehingga menjadi unsur penting dalam kegiatan pendidikan dan penelitian, khususnya di bidang pembelajaran.

Adapun fungsi  Laboratorium Alat dan Teknik Penangkapan adalah sebagai berikut :

a. Pusat Praktik, latihan dan penelitian bidang Alat dan Teknik Penangkapan bagi Dosen dan Mahasiswa Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan Universitas Brawijaya.

b. Pusat penelitian dan pengembangan serta diseminasi hasil penelitian bagi dosen kelompok keahlian eksplorasi sumberdaya kelautan dan perikanan.

c. Pusat layanan masyarakat dalam bidang aplikasi teknologi eksplorasi sumberdaya kelautan dan perikanan.

Print Friendly, PDF & Email